Powered By Blogger

Selasa, 15 Juli 2014

CARA BEDAIN MARGARIN DAN MENTEGA


Gue paling suka sama ilmu tentang kuliner. Semenjak gue dinasehatin sama emak gue, “kalo mau punya istri yang pinter masak, kamu harus bisa masak juga”.
Kata-kata itu yang menjadi pemicu gue untuk sedikit ngicipin berhubungan dengan dunia kuliner. Satu pertanyaan yang sering gue tanyain ke emak gue, “apa bedanya Mentega sama Margarin”. Jawaban dari emak gue, “sama aja, cuma bahan dan fungsinya beda”. Dulu sih gue selalu ‘iya-iya aja’ kalo pertanyaan gue dijawab orang. Lama-lama gue makin risau juga sama jawaban emak gue. Kalo dibilang ‘sama’, kenapa dibilang juga ‘tapi ada bedanya’.
Akhirnya gue nemu jawaban yang bener dan lengkapnya dari abang gue. Ternyata bedanya antara Margarin dan Mentega itu…
 Magarin terbuat atau bahan dasarnya dari minyak/lemak tumbuh-tumbuhan (nabati). Punya textur yang lebih padat dan warna lebih kuning daripada Mentega, dan gak gampang meleleh di suhu ruang. Di supermarket sering kita temuin dengan nama dagang yang sering kita denger.
 Mentega bahan dasarnya dari lemak hewan (hewani), aromanya wangi susu, warnanya kuning pucat, memiliki textur sangat lembut di suhu ruang, dan gampang meleleh di suhu hangat. Kalo di supermarket merek dagangnya yang nama-nama agak asing gitu.
Nah sekarang udah tau kan apa bedanya. Kalo gue tanya begini, “apa bedanya Margarin, Mentega, dan Butter..?”.
+++

Tidak ada komentar:

Posting Komentar