Powered By Blogger

Selasa, 15 Juli 2014



“…acara yang di tipi…”

Gue seneng banget sama kegiatan nonton TV. Karena selain menonton adalah cara gue untuk relaksasi, tayangan TV juga memberikan pengetahuan baru bagi gue.
Ngomongin acara TV, sejak masuk kuliah, gue mulai menyukai nonton sinetron. Penyebabnya saat itu ada sebuah sinetron yang mengajarkan gue tentang kehidupan, yaitu sinetron ‘Tukang bubur naik haji the series’. Dalam sinetron ini mengajarkan gue bermacem-macem tentang ilmu agama, hadist, serta contoh tingkah laku yang baik dan yang buruk.
Namun setiap ada hal yang gue suka, pasti ada juga hal yang gak gue suka. Dalam hal sinetron, sesuatu yang gue gak suka adalah alur cerita yang diperpanjang. Gue akuin tim kreatif dari pembuatan sinetron tersebut kreatif banget, bisa bikin cerita sedemikian rumit untuk memperpanjang jumlah episode dari sebuah sinetron. Tapi yang namanya ‘hal gak penting’ itu kenapa selalu ada ya..??
Misalnya dalam sebuah episode lagi ngebahas tentang pembagian harta warisan. Tiba-tiba disisi lain menampilkan sebuah scene atau adegan yang lagi ngebahas masalah tetangga yang beli mobil baru. Ini apa hubungannya…??  Jadi keliatan banget kalo itu merupakan adegan-adegan yang guannya cuma buat memperlama durasi sinetron.
Kalo gue bikin sinetron, gue juga bakal ngelampirin adegan yang memperlama durasi. Bakalan gue bikin beda dari biasanya. Ceritanya gue bikin sebuah sinetron rohani yang menceritakan konflik antara cinta yang gak direstuin orang tua. Disaat itu juga, disisi lainnya gue bakal ngelampirin scene atau adegan pemeran utamanya lagi mandi. Kalo itu belum cukup, gue tambahin adegan lagi keramas juga.

Hal kedua yang gue gak suka dari beberapa sinetron adalah make up yang tebel banget. Karena menurut gue, hal ini gak menunjukan keorisinalitas dari para pemainnya. Pemeran yang muka awalnya biasa aja bisa jadi ganteng, yang mukanya ganteng jadi tambah ganteng banget. Padahal kalo gue perhatiin, gak semua bahan bedak dan sejenisnya yang digunain buat make up itu cocok dengan kulit muka si artis tersebut. Akibatnya bisa kita lihat pada episode berikutnya dimana muka si artis mulai timbul jerawat.
Kalo gue bikin sinetron, artisnya gak bakal gue bikin make up-nya tebel. Bahkan gue usahain supaya gak usah di make up, biar kelihatan lebih original dan menghemat biaya tata rias. Karena menurut gue kalo membuat wajah seseorang jadi terlihat berbeda di TV sama aja dengan menipu penonton. Daripada dandan, kenapa pas main sinetron gak sekalian aja pake topeng..??

Terakhir yang gue gak suka dari sinetron adalah biasanya sebuah sinetron memakai judul dan soundtrack musiknya dari sebuah lagu yang lagi ngetrend. Jujur menurut gue ini norak banget. Selain itu bikin selera gue yang awalnya suka sama lagu yang lagi naik daun tersebut, malah jadi males dengerinnya.
Kisahnya dulu gue suka sama sebuah lagu dari Shella on 7. Baru 2 minggu gue suka sama lagunya, besoknya muncul sinetron di TV yang memakai soundtrack musik itu dan judul sinetron yang sama persis dengan judul lagunya. Besoknya juga, gue jadi gak demen lagi sama lagu tersebut, walaupun saat penayangan episode pertama sinetronnya gue tonton sampe abis.
Akhirnya gue sekarang memilih suka dengan lagu yang jarang muncul jadi soundtrack dan judul sinetron di TV. Gue memutuskan buat suka dengan lagunya Kangen Band.
+++

Selain sinetron ada juga sebuah tayangan TV yang bikin gue gila. Tayangan itu adalah sebuah acara kontes memasak yang ditayangin oleh sebuah stasiun TV yang terdiri dari 4 huruf. Dalam acara tersebut, ada beberapa orang yang ikut dan saling bersaing untuk menjadi yang terbaik dalam hal memasak.
Pernah suatu hari saat gue nonton acara itu, kakak gue nanya, “kenapa sih lu seneng banget nonton acara itu..?”. Karena gue polos dan apa adanya, gue jawab “seneng aja ngeliat makanan enak..”. lalu gue ditabok sama kakak gue, gak tau alesannya kenapa.
Ternyata yang kakak gue gak suka dari acara itu adalah pas adegan penjurian. Dalam adegan di acara itu para peserta memasak bakal dinilai dan dikomentarin mengenai masakannya oleh 3 juri. Salah satu dari  ketiga juri tersebut, ada yang wataknya keras. Kalo dia gak suka sama makanannya, dia bakal ngebentak si peserta yang memasak makanan tersebut. Gak cuma dibentak, kadang-kadang dikata-katain juga. Untungnya emaknya gak sampe dikata-katain juga. Gue inget salah satu bentakannya dengan perkataan, “INI SAMPAHH…!!”. Padahal makanan, tapi dibilang sampah. Pada akhirnya tetep aja, mau gak mau reaksi peserta mamasak saat di TV cuma bisa diam atau berkata satu dua patah kata.
Gue takutnya gimana kalo tontonan seperti itu dilihat sama anak-anak..?. Jelek ceritanya nanti kalo misalnya gue sebagai ayah yang susah payah cari duit buat keluarga, dimana suatu pagi gue bikini sarapan buat anak gue yang masih SD. Ternyata makanan buatan bue sedikit asin. Karena anak gue keseringan nonton acara yang gue certain tadi, saat itu dia bilang ke gue,
“Papahh..!! ini makanan apaa..!!?? GAK ENAK..!! INI SAMPAH..!!”.
Gue cuma bisa bengong, kaget, rasanya kayak abis ditibanin batu. JEBRREETT…
Seperti apapun yang gue rasakan kalo kejadiannya kayak begitu, kalo gak karena gue sayang sama anak gue, pasti udah gue masak hidup-hidup di panci.

Akhirnya gue menemukan sebuah acara yang gue suka dan sesuai aliran hobi gue. Yaitu sebuah acara kontes sulap. Mungkin nama acaranya gue sebut aja The Masker. Gue seneng acara ini karena gue bisa ngeliat berbagai macam magician dengan berbagai aliran menunjukan keahliannya dalam sulap. Karena hobi gue dulu juga sulap.
Gue mulai mencoba sulap dari yang kecil. Misalnya ngebakar sehalai tisu lalu keluar sebuah benda dari hasil apinya. Tapi pas gue coba bakar tisu bukannya keluar sesuatu malah rumah tetangga kebakar. Lalu sulap yang dari dulu udah popular, yaitu membengkokkan sendok. Gue mencoba sulap yang satu ini susah banget, sampe otak gue yang malah bengkok.
Ternyata setelah gue melihat riset, sulap yang paling mendasar itu sulap kartu. Sebelumnya gue harus mengerti dulu tentang filosofi dan asal usul kartu. Gue liat dari tayangan di Youtube.com acaranya Deddy Corbuzier yang menjelaskan tentang arti kartu. Makna dari kartu memiliki 2 warna yaitu merah dan hitam adalah melambangkan siang dan malam. Kemudian kartu memiliki 4 ikon (Club, Diamond, Heart, Spade) yang melambangkan 4 musim dalam setahun. Berarti kalau kartu dulunya dari Indonesia cuma bakalan ada 2 icon kartu, karena di Indonesia cuma ada 2 musim. Lalu, dalam satu icon kartu berjumlah 13 (As,2,3,4,5,6,7,8,9,10,J,Q,K) yang melambangkan 13 fase bulan. Terdiri dari bulan setengah, bulan sabit, bulan purnama, datang bulan, dan lainnya. Terakhir, Jumlah keseluruhan kartu dalam satu deck sebanyak 52 kartu, yang melambangkan terdapat 52 minggu dalam setahun. Gak  percaya..? Hitung sendiri….  :D hahahaa..
+++


Tidak ada komentar:

Posting Komentar